Rabu, 08 September 2021

PROGRAM UNGGULAN TERBAIK SMP IT WIHDATUL UMMAH KOLAKA

| Rabu, 08 September 2021

SMP ISLAM TERPADU WIHDATUL UMMAH KOLAKA


SMP Islam Terpadu Wihdatul Ummah Kolaka berdiri sejak tahun 2014 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Wahdah Islamiyah Kolaka dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka. Hingga hari ini jumlah peserta didik sudah mencapai 143 Peserta didik putra putri serta memiliki 15 orang guru. 


PRESTASI

Meski terhitung masih sangat muda, sekolah ini mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Kolaka. Beberapa prestasi yang telah diraih  diantaranya adalah:

  • Juara 1 lomba kuis KIHAJAR Dewantara tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2021 dan menjadi perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara di tingkat Nasional pada lomba yang sama
  • Juara 2 lomba kuis KIHAJAR Dewantara tingkat Kabupaten Kolaka tahun 2019.
  • Juara 2 & 3 lomba pidato Hari Anti Korupsi pada tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Kolaka. 



Pada tahun 2018 menjadi tahun penuh prestasi bagi sekolah ini dengan menyabet beberapa penghargaan yang telah diselenggarakan pada waktu itu, diantaranya adalah

  • Juara 1 tingkat provinsi sekaligus menjadi perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara di ajang KSN tingkat Nasional 2018 pada cabang Matematika.
  • Juara 2 English Expo program studi Bahasa inggris Universitas Sembilanbelas November Kabupaten Kolaka pada tahun 2018.
  • Juara 3 Matematika Expo yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Matematika pada tahun 2018


PROGRAM UNGGULAN 

Sebagai ciri khas sekolah Islam, pembelajaran di sekolah ini dilaksanakan secara terpisah antara kelas putra dan kelas putri. Sekolah ini juga memiliki beberapa program yang menjadi unggulan, diantaranya adalah program Tarbiyah.
 

Program Tarbiyah sendiri merupakan program yang dirancang khusus untuk pembinaan akhlak para peserta didik yang sesuai dengan tuntunan dari al quran dan sunnah. Dalam program ini peserta didik dibagi dalam bentuk kelompok dengan istilah halaqah. Satu halaqah tarbiyah terdiri dari maksimal 10 orang yang kemudian dibimbing oleh seorang murobbi/murobbiyah yang menggantikan istilah wali kelas.

 

Dalam program tarbiyah terdapat beberapa kegiatan yang dirancang untuk pembentukan akhlak pribadi muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah, diantaranya adalah pertemuan pekanan. Dalam pertemuan ini para peserta didik diberikan materi-materi atau ilmu agama yang berkaitan dengan pembentukan akhlak para peserta didik oleh masing-masing murobbi/murobbiyah pada setiap halaqah.

Kegiatan selanjutnya adalah Mabit (Malam Bina Iman dan Takwa) dan rihlah atau rekreasi. Pada kegiatan ini para peserta didik diajak untuk melakukan perjalanan ke tempat-tempat wisata yang bertujuan mengajarkan para peserta didik untuk tadabbur alam. 

Selain itu ada pula kegiatan yang bernama HARBER atau hari bersama. Kegiatan ini bertujuan untuk semakin mengeratkan hubungan antara murobbi/murobbiyah bersama peserta didik binaannya dengan menghabiskan waktu secara khusus selama seharian penuh, seperti mengunjungi tempat makan tertentu untuk makan bersama ataupun berbelanja.

 



 

PROGRAM TERPADU

Satu hal yang membedakan sekolah Wahdah Islamiyah dengan sekolah lainnya adalah adanya beberapa mata pelajaran terpadu, dimana mata pelajaran tepadu ini fokus pada pembinaan akhlak para peserta didik. Nilai-nilai tersebut didapatkan pada mata pelajaran Tarbiyah

Selanjutnya mata pelajaran Bahasa Arab yang bertujuan agar para peserta didik dapat paham bahasa arab tingkat dasar sehingga dapat lebih mudah memahami Al-Qur'an. 

Dan satu modal lainnya yang tak kalah penting adalah Mata pelajaran Hafalan Qur'an yang bertujuan agar dapat mencetak lulusan yang memiliki hafalan quran yang mutqin untuk 3 juz terakhir, yaitu juz 30, 29 dan 28. Tiap tahunnya peserta didik ditargetkan menyelesaikan 1 juz dimulai semenjak kelas 7. 

Dan Insya Allah akan lebih maksimal hapalan Qur'an bagi siswa yang sekolah berjenjang mulai TK, SD, SMP sampai SMA di Wahdah Islamiyah.


Related Posts

Tidak ada komentar: